REMPEYEK KACANG a la tanti

rempeyek kacang a la tantiTinggal di negeri orang bikin aku jadi sedikit kreatif dan jadi rada gak malas….*ngaku…hehehhee. Kali ini aku bikin rempeyek kacang(bikinnya udah lama sich,tapi baru posting sekarang *nah lho…. ). Makanan pendamping pecel ini dengan nekad aku bikin coz gi bener-bener kangen dengan kudapan kampung halaman yang dulu dengan mudah banget bisa aku dapetin tapi jadi barang langka di negeri orang.

Setelah browsing beberapa resep di interneti,ini dia bahan yang aku pake :

  • 350ml. santan encer
  • 1butir telur
  • 150gr. tepung beras
  • 50gr. tepung kanji
  • 100gr. kacang tanah potong jadi 2 sangrai
  • minyak untuk menggoreng

Bumbu yang dihaluskan :

  • 1sdt.garam
  • 1/2sdt. kaldu ayam bubuk
  • 4siung bawang putih
  • 3butir kemiri sangrai
  • ketumbar
  • 1ruas jari kunyit

Cara Membuat :

  • campur bahan jadi satu selain kacang tanah,aduk hingga rata
  • panaskan wajan anti lengket,ambil satu sendok sayur adonan,taruh kacang di atasnya,tuangkan melebar dlm wajan
  • setelah adonan mengering,angkat dan pindahkan dalam wajan berisi minyak goreng yang telah dipanaskan
  • angkat rempeyek setelah berwarna kecoklatan
  • lakukan hal yang sama sampai adonan habis

Sebenarnya bisa aza menuangkan adonan langsung dipinggir wajan dengan minyak panas sambil menyiram-nyiram adonan dengan minyak panas hingga lepas dan baru diangkat jika rempeyek udah berwarna kecoklatan. Tapi susah banget rasanya buatku,blom lagi kalau minyaknya kepanasan,jadi cepet coklat tapi jadinya gk renyah(blom matang sempurna).

Ok,selamat mencoba dan pilih cara sesuai selera anda….:)

 

 

 

2 responses to “REMPEYEK KACANG a la tanti

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s