PENAMBAHAN NAMA di PASSPORT INDONESIA

Sekedar sharing pengalaman saja,mungkin ada beberapa warga negara Indonesia yang “bernasib” sama denganku.  Bagi mereka yang lahir di era tahun 70-an,banyak orang Indonesia yang hanya memiliki satu nama saja misalnya,Sumarmi,Sutini,Gunawan,Sumarno,dll…seperti juga namaku Prihartanti. Hal yang lumrah terjadi di Indonesia  terutama di jawa,satu nama saja tanpa nama keluarga ataupun marga,juga saat mengurus dokumen-dokumen resmi,misalnya akte kelahiran,ktp,ijasah bahkan saat membuat passport.

Tapi,satu nama bakal jadi masalah saat kita tinggal di luar negeri(saat ini aku tinggal di USA) karena mereka mengenal adanya first name,middle name dan last name. Beruntunglah orang Indonesia yang mempunyai lebih dari satu nama,meskipun itu bukan bearti nama keluarga yang nempel sebagai last name mereka,misalnya Ariani Kusuma Dewi…..aku yakin Dewi bukanlah nama keluarganya…hehehehe. But that’s ok..mereka gak bakal bingung kalau ditanya soal nama.

Karena namaku cuma satu kata(tok til..hehehe),sempat bikin suamiku kepo,bingung kok ada orang cuma punya satu nama tanpa ada nama keluarga yang nempel sebagai last name. Awalnya sempet ngira aku bercanda,tapi setelah liat dengan mata kepala sendiri,akte kelahiran,ijazah sekolahku juga passportku,akhirnya menyerah juga dia.

Setelah aku menikah,akhirnya nama suamikulah yang nempel sebagai last name,jadi saat ini aku punya first dan last name….aman…meskipun sempet rada-rada stress dan tengang waktu ngurus greencard di homeland security coz nama di dokumen-dokumenku dan nama yang didaftarkan beda,tapi akhirnya semua berjalan lancar.

Eh,ternyata belom bener-bener lega bin plong hati lho….setelah suami dan aku sadar nama di passport dan greencardku beda…!!!!phuft…..

Sempet tanya beberapa teman dan juga obrak-abrik dunia maya cari info soal nama yang beda antara passport dan green card tapi masih blom bikin hati lega. Ada yang bilang kudu balik ke Indonesia mengurus passport dengan nama baru….yang sempat bikin aku mikir apa kudu ganti semua di dokumen-dokumen resmi,yang artinya gak tau kapan selesainya. Ada juga yang bilang gak soal asal selalu bawa married certificate kemanapun aku pergi yang mengharuskan menunjukkan passport. Gak ada yang meyakinkan hati…..jadi bimbang dan takut pulkam….*edisi galo

Kegalauan soal nama baru terjawab dengan gamblang dan bikin hati berbunga-bunga saat aku ke konsulat Indonesia di Los Angeles,tujuanku kesana waktu itu untuk lapor diri…..*telat banget lapor dirinya,udah mpir setahun tinggal di Amrik baru lapor diri…untung gak dipermasalahkan petugas di KJRI…hehehehe. Iseng aku tanya ke petugas lapor diri soal nama yang beda,eh ternyata gampang sekali,tinggal ngurus aja di konsulat di bagian passport dan “kasusku” ini namanya NAME ENDORSEMENT…!!! Tinggal isi formulir,setorin ke petugas,diproses dan….jadi dech….dihalaman lain di passportku sudah tercantum nama baruku….!!!Gak perlu pulkam buat ngurus dokumen-dokumen yang pasti ribet dan gak perlu lagi kepo takut kalau suatu hari nanti aku jalan-jalan lintas batas negara. Lega puuuooooollllll dech…….!!!

Petugas KJRI juga baik dan helpfull,tau aku tinggal di Las Vegas yang notabene sekitar 5-6jam perjalanan darat,mereka tetap membuka loket untuk memproses passportku,meskipun sebenarnya loket sudah tutup jam 12 siang dan saat itu sudah jam 1 siang. Sempet sport jantung juga waktu nyari tempat buat bikin pass photo(ada pass photo sisa untuk lapor diri tapi kurang jumlahnya),blom lagi lalu lintas LA yang padat merayap….meskipun jarak KJRI dan wallgreen deket,tapi tetep aza take time…apa lagi buat yang keburu-buru kayak aku saat itu. Nyampe di KJRI lagi,ketemu petugasnya lagi,disuruh ngisi formulir online,setor pass photo dan passport dan…..gak lama kemudian jadi dech. Matur suwun buat bapak petugas di KJRI Los Angeles….dan aku jadi pengunjung paling terakhir keluar dari KJRI hari itu….

Dan,kunjungan ke KJRI di LA ditutup dengan makan siang yang amat sangat telat sekali di simpang asia,salah satu resto Indonesia di LA. Sop buntut,ayam goreng jawa,es campur…..mantaB…..!!!

2 responses to “PENAMBAHAN NAMA di PASSPORT INDONESIA

  1. Bagaimana dengan booking ticket , Nama tanpa atau dengan last name ? Krn last name tdk di halsman pertama passport tapi endorse di halaman passport lainnya. Tq

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s