KUE CARA BIKANG – Jajanan Tradisional

cara bikang a la tantiSebenarnya aku udah pernah bikin kue cara bikang ini waktu masih di Indonesia, dan kali ini  bikin lagi coz pengen nyobain cetakan baru yang baru aku “temukan” di internasional market setelah tinggal sekitar 4 bulan di negeri Paman Sam ini. Wuiiiih,seneng banget rasanya,waktu liat cetakan kue ini tergeletak manis di rak lorong paling ujung….*lebay gak sich aku….? 

Resep yang aku pake masih sama,copas punya chef Budi Sutomo (matur suwun ya chef,udah share resepnya…),tapi kali ini aku bikin setengah resep aza,ini bahannya :

  • 175gr. tepung beras
  • 1sdm. tepung terigu
  • 425ml. santan kental
  • 130gr. gula pasir
  • garam halus

Cara Membuat :

  • 1,5sdm. tepung beras +100ml. santan,masak dan didihkan.
  • Adonan matang dicampur dengan sisa tepung beras+terigu+gula pasir+garam,diuleni sambil santan dimasukan sedikit demi sedikit
  • Tepuk-tepuk adonan selama 20menit(resep aslinya 40menit,pikirku klu aku bkin setengah resep nepuk-nepuk adonanya dpt diskon….hehehehe)
  • Diamkan adonan selama 1jam
  • Beri warna adonan sesuai selera
  • Tuang adonan setelah cetakan panas tanpa ditutup,kue siap diangkat setelah permukaan adonan kering dan  tampak lubang-lubang

Bikin cara bikang ini penuh dengan sensasi,hehehhee…..saat nepuk-nepuk adonan yang bkin nyiprat kesana-sini,juga waktu nyukit kue dari cetakan,kudu ati-ati coz bisa-bisa tangan nyrempet cetakan panas. But,it’s really worth it….kuenya enak,legit dan gurih plus murah meriah…..!!!

Jajanan tradisional jawa ini bikin aku ingat swargi mami coz ini adalah salah satu kue favorit beliau dan sobatku Pandam Sari suka bawain kue ini kalo maen ke rumah (males banget bkin kue ini dulu,” konsumennya” cuman swargi mami aza sich,tapi sekarang setelah tinggal di negeri orang rasa cinta tanah airku makin kuat dengan melestarikan kuliner kampung halaman….*senyum manis)

Met mencoba buat yang kangen jajanan kampung halaman dan bagi mereka yang pengen melestarikan kuliner Indonesia..

 

 

Tinggalkan komentar