ES DAWET a la Tanti *jajanan kampung halaman

Saat weekend kemaren,tiba-tiba teman suamiku sms ngajakin  makan shabu-shabu. Emang sich udah ada rencana buat bkin “shabu-shabu night” di rumah tes dawet pawonkuapi mendadaknya ini yang bikin bingung coz blom persiapan bahan,alat-alatnyapun kami gak punya. Dan aku jadi mikir,enaknya disuguhin apa si tamu selain makan,bikin kue rasanya gak sempat banget,waktu mepet coz kudu belanja-belanja. Pengen bikin kue lapis tapi gak punya dandang buat ngukusnya…..*maklum baru pindah…hehehehhe. Akhirnya,saat belanja di international market aku beli tepung hunkwe rencananya sich bkin cendol.

Nyampe rumah udah jam 4.30 sore(maklum berangkatnya aza jam 2 siang),cepet-cepet aku ambil panci,nimbang bahan(resep dapat kerpekan dari tabloid nova yang aku search saat nemenin suami nglembur di kantornya). Ngaduknya adonan sich cepet,tapi waktu nyetaknya itu…..ampunnnn…..berat banget dan kudu cepet soalnya adonan kudu panas saat dibentuk..!!!Oh ya,cetakan cendol aku pke saringan yang biasa aku pake angkat gorengan dari wajan….hehehheee

Gak terasa udah  jam 5.45 yang berarti kurang 15 menit lagi tamunya datang seperti janjiannya…*bule selalu tepat waktu …gak kayak kita yang suka banget molor….hehehhe. Meja udah ditata,tapi makanannya belom dikeluarin dari paketnya untuk ditata dipiring saji. Cepet-cepet aku bantuin suami ngatur bahan-bahan buat shabu,untungnya gak butuh waktu lama buat nyelesainnya.

Jam 6 teng…!!Tamu nelp dari gerbang perumahan buat dibukain pintu pagar,ups…aku blom bikin santan kuah cendol…!!!*panik mode on…Disaat panik melanda itu,jadi inget penjual es campur langganan di kampung halaman,santan cuman dituang aza kayak sirup…ah ha….why not?!?! apalagi santan kotakan itu bisa langsung dikonsumsi tanpa dimasak terlebih dulu. Aku ambil gelas-gelas,mulailah aku menata…pertama cendol aku ambil dari rendaman air es,sirup(aku pake sirup cocopandan coz gak ada waktu buat bikin sirup gula jawa) aku tuang,aku kasih santan satu sendok makan dalam tiap gelas,es batu dan terakhir tinggal nambahin air sebelom dihidangkan……yups.…jadi dech es cendolku…

Happy?!agak sich coz aku baru bisa bener-bener merasa happy bin puas bin lega setelah tau respons tamu,maklum mereka itu orang-orang bule yang blom kenal Indonesia(dan mereka juga gak kenal bali,meskipun pulau dewata itu katanya tersohor diseluruh dunia),apalagi masakannya. Jadi ceritanya nech,setengah promosi eksotika Indonesia gto….*blushing

Tamu udah datang,sepasang suami istri muda teman kantor suamiku,mereka ngobrol-ngobrol dulu seblom acara makan dimulai. Oh ya,karena acara casual bukan formal,tamunya ambil minum sendiri di dapur. Saat ambil minuman di kulkas(kami selalu punya  minuman soda kaleng di kulkas dan biasanya hanya itu yang kami suguhkan selain jus buah botolan dan air putih),istri teman suamiku itu melihat gelas-gelas cendol yang aku taruh di atas meja dapur yang sedianya akan aku suguhkan sebagai makanan penutup. Tapi karena udah dipegang dan dipelototin penasaran dengan isi gelas yang “penuh warna”,aku tawarin dia untuk mencobanya. Aku kasih tau untuk nambahin air sebelom diminum,dan tamunyapun “swalayan”,nuang sendiri airnya. Aku kasih dia sendok sambil nerangin gimana cara makan cendol. Begitu isi gelas diaduk,si tamupun mencoba sedikit rasa cendolnya setelah sebelomnya udah dicium-cium aromanya…“wow,it’s great…!so exotic…never taste this kind of beverage before…!!”…* byuh,langsung mekrok irungku,saking senengnya kuliner negeriku diterima lidah bule…

Dan akhirnya,si tamu perempuan nambah dan nambah truz es cendolnya(aku ajarin dia cara meracik es cendol,jadi dia bisa bkin sendiri saat mau nambah),malah mereka bawa pulang es cendol buat dimakan esok harinya,,,,,

*Ehm…lega banget acaranya sukses…,makan shabu-shabunya sukses dan es cendolkupun laris.. meskipun kayaknya gak matching blas makanan Jepang – minuman Indonesia…Oh ya,es cendol juga diterima lidah mertuaku lho(aku bawain keesokan harinya saat berkunjung ke rumah mereka),dan responsnyapun sama kayak tamuku,gak pernah tau dan ngrasain minuman model gini sebelumnya….aneh tapi enak…!!*sorak-sorak bergembira…hehehehe

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s