SIOMAY ala Tanti

Siomay…?!siapa sich yang gak kenal makanan ini..?!jenis dim sum yang seakan sudah merupakan kuliner asli Indonesia.

Penasaran bikin siomay sendiri,browsing resep d internet,tanya teman tapi gak pernah aku coba praktekkan. Gak tau kenapa kok tiba-tiba semangatku membara lagi(ceileeee….) saat aku baca tabloid dan nemu resep siomay di dalamnya,seakan nemu pencerahan gitu,apalagi saat itu aku gi nganggur poool…!!aku liat bahan isian semua ada,daging giling,udang duduk manis di kulkas,tapi kulitnya nech yang gak punya…eits,aku smsp-in tetangga yang kerja di supermarket buat nitip kulit pangsit….gampang tho…?!hehehee

Wah,ternyata gampang banget bikin siomay,udang dan daging giling aku haluskan jadi satu,sebelumnya aku haluskan dulu bawang putih,garam dan lada.Karena gak punya food processor ngalusin daging dan udah pake manual aza,alias ulekan dan cobek…!!!setelah semua tercampur,tepung maizena dimasukkan dengan menambahkan sedikit air,minyak sayur,minyak wijen dan telur yang dikocok lepas. Dicampur jadi satu. Oh ya,aku tambahin juga wortel cincang dan daun bawang sebagai pemanis isiannya.

Isian seleasi,kulit pangsit pesenanku datang…langsung dech tancap gas…!!!aku ambil selembar kulit pangsit,aku beri isian ditengahnya,dirapikan sedikit trus aku taruh ke dalam cetakan moci yang aku olesi minyak goreng biar gak lengket. Satu persatu aku kerjakan,sambil menunggu air mendidih di dandang. Air sudah mendidih,siomay siap untuk dikukus…tinggal nunggu hasilnya nech….!!!enak gak ya….?!mikir dot com

15menit telah berlalu,tutup dandang aku buka,api dimatikan dan satu persatu cetakan dikeluarkan…..,ehm….aroma gurih masuk hidungku…Gak sabar banget rasanya ngicipi,tapi kudu nahan dulu coz pasti panas banget…Saat mulai hangat,aku keluarin siomay dari cetakan satu persatu…sambil nahan napas takut kulitnya sobek…!!!heheheee..

And…this it,siomay ala Tanti…its so yummy..you have to believe that…!!!hahahaaa…narcis banget aku….

Tinggalkan Balasan

