MENDHOL ala Tanti – Masakan Tradisional Jawa

Mendhol….?!hihihi..lucu dan aneh ya namanya?!Sajian masakan berbahan dasar tempe ini merupakan olahan tradisional dari Jawa Timur,dengan gampang kita temui kalau kita beli nasi pecel karena mendhol seakan merupakan rangkaian wajib yang melengkapi nasi pecel selain peyek kacang atau peyek teri(eits,biz baca kata peyek jangan-jangan ada yang lanjut jadi nyanyi lagunya trio macan nech…iwak peyek..iwak peyek..iwak peyek,nasi jagung…..qiqiqiqiiii)

Tempe yang aku olah jadi  mendhol sering kali aku pakai tempe yang udah kemarin-kemarin,tapi yang bukan yang busuk lho,alasanya biasanya tempe yang kemarin itu cenderung udah gak begitu padat lagi jadi aku gampang nguleknya,tapi kalau yang jadinya kering banget di dalam kulkas,aku rendam sebentar sebelum akhirnya dihaluskan dan dicampur dengan bumbu-bumbunya.

Bumbu mendhol ini gampang dan sederhana banget,bawang putih,bawang merah,kencur,ketumbar,daun jeruk purut,cabe merah(untuk memberi warna aza,jadi gak usah banyak pakainya) dan cabe rawit secukupnya,tapi gak usah pedas banget,ntar jadi aneh rasanya(bagi yang gak suka pedas,cabe rawit diilangakan aza). Gak lupa garam dan gula sebagai penyedapnya. Cara mengolahnya juga gampang sekali,setelah semua bumbu dihaluskan,tempe yang sudah dipotong kecil-kecil (untuk mempermudah pengulekan) ikut dihaluskan,kemudian diaduk jadi satu,setelah itu baru dibentuk lonjong kecil(kira-kira sebesar jempol),baru dech siap digoreng dan jadi lauk menemani nasi hangat. Bisa menjadi pelengkap pecel,sayur asem  atau bisa juga dengan rawon. ehm…..yummy...

Oh iya,sekedar tips aza,saat menggoreng mendhol ini sebaiknya deep fry(minyak banyak dan terendam) ya, biar gak perlu mbolak-mbalik mendholnya,karena rentan hancur kalau waktu bentuknya kurang padat.

Pengen?!?!kenapa gak mencoba….?!hehehheee

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s