RUJAK GOBET ala Tanti

Siang yang terik gini,enak banget ya kalau minum sesuatu yang dingin…tapi apa ya…?!?!es syrup?!minuman berkarbonasi?!es juice?!ah,gak seru….pengen yang beda dech kayaknya….tapi apa ya…?!ah,ha….kenapa gak bikin rujak gobet aza…?!

Rujak gobet atau rujak pasrah(biasa disebut gitu di daerahku coz sesuai dengan proses pembuatannya) adalah minuman dari gula jawa yang berisi beberapa jenis buah yang dipasrah ato bisa juga dicincang kalau gak punya alatnya.Bikinnya gampang banget,tinggal siapin buah yang diinginkan lalu dicincang(pasrah) lalu air gula jawanya(gula bathok) dimasukan. Proses bikin air gula jawa juga gampang,rebus air,masukkan gula jawa dan asam jawa trus masukan cabe dan garam yang sudah dihaluskan(pedasnya sesuai selera),bisa juga dengan ditambahkan sedikit terasi bila suka,oh ya,gula pasir tetap ditambahkan kedalam rebusan air gula jawa lho….Setelah air rebusan mendidih,diamkan hingga benar-benar dingin,lalu dicampur dengan buah-buah yang telah dipasrah,dan siap dihidangkan dengan ditambahkan es batu kedalam gelas saji.Tapi lebih seru lagi kalau setelah dicampur,dimasukkan kedalam kulkas setelah dingin baru dinikmati.

Oh ya,rujak gobet ini juga menjadi menu rangkaian wajib pada upacara ada jawa ibu hamil pada usia kandungan bulan ke 3 dan ke 7 yang biasa disebut neloni dan mitoni(tapi tasyakurannya atau upacara adatnya biasa dilaksanakan pada usia kandungan ke 4 dan ke 8),begitu info yang aku dapat dari almh.mami

Mau ngicipin rujak gobet ala Tanti….?!?!

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s