BIKA AMBON ala Tanti -Jajanan Tradisional

Bika ambon….?Jajanan khas Medan(tapi kenapa ya kok namanya bika ambon?!) yang legit dan beraroma wangi jeruk purut ini bener-bener sangat mengundang selera,gak ada dech yang gak kenal kue ini, dengan mudah dapat kita temui di toko kue atau pusat jajanan dimanapun di pelosok nusantara.

Awal kenal kue ini dari sebuah acara masak disebuah stasiun tv swasta,trus resepnya aku kerpek dari sebuah tabloid wanita.Karena penasaran,aku beranikan diri mencoba bikin kue bika ambon ini,makanan yang belom pernah aku coba dan temui sama sekali saat itu.Dengan modal nekad(meskipun takut gagal juga sich….hehehee),aku ikuti semua langkah yang tertulis di resep,dari awal membuat santan dan kemudian merebusnya dan yang gak boleh ketinggalan memasukan daun jeruk purut dalam rebusan santan,menimbang bahan dan kemudia mencampur semua bahan menjadi satu kemudian didiamkan kira-kira selama 3jam.Oh ya,bika ambon buatanku ini berbahan dasar tepung kanji.Selama masa penantian 3jam itu,aku merasa lamaaaaaaaa….. banget,maklum kali pertama dan sempet terbersit rasa “bener gak sich resepnya”,coz adonanku encer banget,apalagi selama proses fermentasi adonannya makin lama makin tinggi….wah gugup banget…takut salah….!!!Dan,saat mencetakan tiba(aku memakai cetakan kue lumpur untuk mematangkan adonan) dengan rasa deg-degan,dan penuh hati-hati…..nyooooooss…suara cetakan panas yang dimasukin adonan kue…menunggu beberapa saat hingga adonan mengembang dan kemudian ditutup untuk proses pematangan kue,selang beberapa saat,tampak permukan kue mulai kering dan sedikit aku cukit tampak kue mulai kecoklatan,aku putusin buat angkat kue-kue itu dari adonan….sukses.Tapi bener gak sich hasilnya….?!aku ambil satu,aku potong dan ternyata dalamnya berserat….!!!sukses….!!!wah,seneng sekali aku…lega banget rasanya…

Eh,selang beberapa hari kemudian ada oleh-oleh dari Medan,sekotak bika ambon..(.ehm..asyik nech bisa ngerti gimana yang asli,begitu yang terlintas dibenakku…. )setelah aku incipin.ternyata bika ambon ala Tanti lumayan juga kalau dibanding ma aslinya…gak kalah enak…!!!hehehee.Dan sampai sekarang bika ambon ini jadi salah satu menu jajan favorit rumahku.Selamat menikmati…:)

Resep Bika Ambon..

*BIANG :

10 gr. yeast
15 gr. gula pasir10 gr. terigu60 ml. airg*Semua bahan dicampur jadi satu diamkan selama 15menit

150 gr. tepung tapioka250 gr. gula pasir5 btr. kuning telur2 btr. telur1sdt vanili300 ml. santan kental

*mixer telur +gula pasir hingga tercampur rata,masukkan semua bahan,aduk rata dan terakhir masukan adonan biang diamkan selama kurang lebih 3jam sebelum dicetak.

 

 

4 responses to “BIKA AMBON ala Tanti -Jajanan Tradisional

  1. Aku suka bika Ambon, dari yang kualitas pasar seharga 11ribu satu loyang kotak 20cm sampai yang resep asli dari Medan dengan variasi rasa keju dan durian… kalau gk salah harganya bisa sampai 30ribuan ukuran palign kecil

    • *Biang:
      1 sachet yeast
      1 sdm. gula pasir
      2 sdm. terigu
      60 ml. air
      campur semua bahan dan diamkan selama 15 menit

      *Bahan :
      150 gr. tepung tapioka
      250 gr. gula pasir
      5 butir kuning telur
      2 butir kuning telur
      300ml. santan kental hangat yg direbus dgn daun jeruk purut

      *Cara Membuat :
      mixer telur+gula dengan kecepatan sedang skitar 2 menit,masukkan tepung,santan dan biang. Aduk rata,diamkan selama 3 jam sebelum dicetak

      Selamat mencoba…

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s