GULAI KAMBING ala Tanti

Masakan timur tengah yang berbahan daging kambing berkuah santan dengan bumbu rempah-rempah yang banyak banget macamnya ini seperti sudah menjadi menu wajib dirumah saat Idul Fitri dan Idul Adha tibadengan lontong,krupuk,acar dan sambel kecap merupakan menu pelengkapnya.

Aku gak tau persis sejak kapan gulai kambing ini menjadi masakan favorit dirumah,mungkin sejak adanya asisten rumah tangga yang pernah bekerja di keluarga arab jadi dia menularkannya menu yang biasa dia masak dirumahku. Dan awal aku mencoba memasak gulai kambing ini sendiri coz (almh) mami hobi banget dahar masakan ini tapi gak pernah cocok dengan masakan yang dibeli,akhirnya aku coba-coba dengan berbekal ilmu yang aku dapat dari tetanggaku yang orang arab dan bumbu kering yang dijualnya,aku masuk dapur dan memulai eksperimenku…,

Langkah awal,meracik bumbu-bumbu segar,bawang putih,bawang merah,kunyit,jahe dihaluskan dan kemudian ditumis,daun bawang yang sudah dirajang halus dimasukan,begitu juga laos yang digeprek kemudianĀ dicampur bumbu kering(yang aku gak tau persis apa isinya..tapi sepertinya sich ketumbar,lada,jinten,pala…),baru setelah itu daging kambing dimasukan dan terakhir santan encernya…dimasak hingga daging empuk…Ketika daging sudah mulai empuk santan kental dimasukkan dan tomat juga ikut nyebur(aku pakai 2 buah tomat ukuran sedang untuk 1kg daging kambing),eits..jangan lupa gula dan garamnya…..Daging sudah empuk,aroma masakan menyebar disetiap sudut rumah tanda gulai sudah siap disantap……dan alhamdulillah….cocok dengan lidah orang rumah….!!!(klu gak cocok gak mungkin khan aku sering masak masakan ini…hehehhee)

Gulai kambing ala Tanti siap disajikan….oh ya,kalau biasanya sambal kecap yang menemani gulai kambing yang biasa ditemui adalah cabe rawit,irisan bawang merah dan kecap saja,tapi sambal kecap ala tanti pake bawang putih,cabe rawit yang dihaluskan dicampur sedikit petis udang dan kecap….Selamat menikmati…….!!!

Tinggalkan Balasan

