LUMPIA ala Tanti

Panganan asia yang terkenal,dihidangkan dengan saus taoconya plus daun bawang dan cabe rawit yang gak pernah luput ikut nangkring di atas piring melengkapinya…bisa disantap langsung ( biasa disebut lumpia basah) ataupun digoreng lebih dahulu(lumpia goreng),isinyapun juga punya kekhasan tersendiri,menggunakan rebung meskipun saat ini sudah banyak divariasi dengan menggunakan sayuran lain seperti wortel dan taoge,tapi tetep original recipe is the best….heheee

Sebenernya aku biasa beli lumpia ini,coz terlalu ribet juga kalau bikin sendiri tapi gak tau kenapa waktu ibu sayur bawa rebung yang muda banget aku jadi kepikir bikin lumpia…Rebung aku iris-iris terlebih dahulu(dirajang bahasa jawanya) trus direbus buat ngilangin aroma menyengatnya..oh ya aku pakai wortel buat tambahan isinya selain daging cincang.Ini  nich yang bikin aku rada males…bikin kulitnya…bisa aza aku beli kulit lumpia yang siap pakai tapi gak enak kalau dibuat lumpia basah coz terlalu keras dan rasanyapun gak enak…so,aku browsing internet cari resep kulit lumpia…nemu beberapa tapi kok aku gak yakin…aku sms tanteku tapi kok rasanya gimana gto…akhirnya akucoba bikin sendiri adonan kulit lumpia berdasarkan beberapa resep tadi….awal nyetak kulit hasilnya tebel…aku tambahin air lagidi  adonanya..dan kali ini berhasil…!!gak lengket dan bisa tipis….lega dot com

Bikin lumpia emang perlu kesabaran tingkat tinggi…bikin kulit trus ngisi….melipatnya…bikin lagi ..ngisi lagi…melipat lagi…jadi ngadep kompor dech critanya sampai adonan kulit abiz…Dan akhirnya kelar sudah…adonan kulit sudah habiz dicetak ..lumpiapun siap disajikan…ups,tapi aku gak bikin saus taoconya…gak tau kudu beli dimana…so,yang ada hanya daun bawang dan cabe rawit aza…tapi gak mengurangi kenikmatan lumpia ini kok,dijamin dech…hahahhaaa...pede banget aku..

Sekali lagi aku punya “penguji” masakanku yang jauh-jauh datang dari luar kota,Nana sobatku ..yang rela “mengorbankan” lidah dan perutnya buat ngicipi hasil karyaku….Coz gak ada complain,aku pastikan lumpia ala tanti itu rasanya enak….!!!

Tinggalkan Balasan

