TERANCAM ala Tanti

Teriakan ibu sayur membahana sampai belakang rumah,cepet-cepet aku buka pintu dan liat apa yang ditawarkan….dan mataku langsung terpikat pada segarnya daun kemangi…tapi mikir juga mau dibikin apa,lalapan plus sambal terasi rada bosen juga…jadi surut dech moodku…eh,si ibu sayur nyeplos,”kenapa gak bikin terancam aza”….wah,bener juga tuch,apalagi rangkaian bikin terancamnya aku liat juga ada,timun dan kacang panjang,(sebenernya kalau ada kecambah pendek tambah lengkap dech,tapi berhubung gak ada ya udah…show must go on..)kelapa muda aku ada di kulkas…so bisa tuch buat menu makan siang….apalagi tetangga depan rumah nawarin petai cina tanamanya yang gi tumbuh lebat…wah..tambah semangat nech…sek asekkkkk……

Namanya lucu ya?TERANCAM…hiiiiiiii…………kyk gimana gto…horor bin ngeri….tapi itulah namanya,masakan tradisional jawa yang bisa aku katakan semacam salad…olahan sayur segar yang dimakan mentah yang dicampur dengan parutan kelapa…dulu sich aku gak begitu selera banget,tapi begitu aku tau betapa sayur mengandung serat tinggi yang baik buat jaga tubuh biar gak ndut…so…jadi rada maniak makan sayuran….hehheee…ngaku dot com

Daun kemangi udah aku siangi…lamtoro(bhs jawa dr petai cina) aku preteli(mengeluarkan biji petai cina dari kulitnya)….bareng kacang panjang aku cuci bersih dan tiriskan…saatnya bikin bumbu buat kelapanya,bawang putih,cabe merah,cabe rawit,kencur,daun jeruk purut aku ulek jadi satu plus aku tambahin garam dan gula,baru dech proses marut kelapa dimulai…kelapa yang dipakai sebaiknya yang gak begitu tua atau bahkan cenderung muda(tapi bukan degan lho…) coz rasanya cenderung manis dan gak kasar dimulut saat dimakan…tapi harus ekstra hati-hati dan penuh kesabaran juga sich marutnya……setelah proses marut kelapa selesai,bumbu yang dihaluskan dicampur dengan kelapa parut kemudia dikukus(bisa juga sich gak dikukus tapi jadi gampang basi)

Bumbu sudah kelar,sayuran yang ditiriskan juga sudah kering,saatnya mengolah “salad” dimulai…oh ya,sebelumnya kacang panjang yang sudah dicuci dan ditiriskan  dipotong tipis-tipis(dirajang),dan timun setelah dikupas dicacah….semua sayuran dimasukan kedalam mangkok ato piring dan dicampur jadi satu dengan kelapa parutnya….

Dan….saat makan telah tiba…cuaca siang yang panas dan terik dengan menu makan terancam dan ikan goreng plus nasi hangat….ehm…bener-bener nikmat……..!!jadi pengen nambah lagi….dan jadi “terancam” ndut dech kalo gene caranya….hahahhaaa…..

Tinggalkan Balasan

