DONUT KENTANG ala Tanti

donut kentang ala tantiSiapa sich yang gak suka kue berbentuk cincin ini…(meskipun saat ini gak hanya dimonopoli bentuk cincin aza,ada yang kotak,bulat-bulat kecil dan ditusuk membentuk sate,segi tiga)?!kayaknya hampir semua orang suka banget mengudap kue ini …dengan gampangnya dapat ditemui dari pasar tradisional sampai mal-mal kelas elite…dari yang harga murah sampe yang lumayan juga merogoh dompet…..pokoknya tinggal milih dech…toping dan isianpun amat bervariasi saat ini…

Niatan bikin donut kentang ini sebenarnya udah lama banget,buktinya tabloid masakan KOKI dimana resep donut ini aku kerpek udah berdebu di dalam lemari…hehehee…Ceritanya aku gi bingung garing bin boring gak tau mau ngapain,biz kelar sholat dhuhur aku putusin ke toko bahan kue,ada beberapa bahan yang aku kehabisan stok dilemari dan emang mau ada perlu,trus niat bikin donut kentang nyantol lagi di kepala,so aku tambah daftar belanjaku dengan tepung cakra dan yeast…tapi itu aza gak langsung hari itu lho aku bikinya,keesokan  baru dech aku mulai nyoba resepnya,dimulai dengan proses cari tabloidnya di lemari,bikin kerpekan…setelah boksi ekperimenpun dimulai…

Masuk dapur aku kupas kentangnya,dicuci kemudian dikukus…sambil menunggu kentang matang aku mulai timbangin bahan-bahan sesuai yang ada di kertas kerpekanku,juga aku siapin telurnya plus aku pisahin kuning dan putihnya(coz resepn donut hanya pake bagian kuningnya aza)…kentang sudah matang,aku haluskan…kemudian mulai proses mencampur semua bahan….oh ya,waktu aku nguleni adonan aku sempet kayak gak sreg gto…aku minta sepupuku ambilkan tabloidnya,takut ada yang salah step-nya..ternyata gak juga….aku masukin mashed potatos-nya tapi kok masih gak yakin ya……secara gak sengaja aku geser baskom tempat aku bkin adonan…..bener juga…yeast-nya belum aku masukan……!!!!!untung aza adonan belum jadi….klu sudah kalis..gak tau dech…..ceroboh dot com…adonan sudah mulai kalis…tapi aku masih sempet ragu kok gk bisa halus gto..tapi aku inget klu di tabloid itu ditulis donut kentang teksturnya gak sehalus donut biasa…Proses mendiamkan adonan selama 30 menit dimulai…kayak nunggu apa gto,dikit-dikit liat jam…maklum takut gak ngembang…hehheee…saat 30menit telah usai..tapi kok kayaknya pancet (bhs.jawa.tetap)adonannya….eh gak ding,begitu aku pindahin di atas plastik lembaran tampak banget klo adonan mengembang…saat aku ngilangin gas adonan dengan meninjunya,sepupuku ketawa dan ikutan nge-punch si adonan … jadi seru…!!!Pun terjadi saat aku mulai bentuk adonan(coz gak pake cetakan,jadi proses membentuk donut dilakukan secara manual)…sepupuku Bangkit excited banget liatnya dan akhirnya diapun ikut ngebantu bentukin adonan…kayak mainan plastisin katanya…..Proses menggoreng dimulai…wah,rada deg-degan juga aku..takut gosong tapi gak mateng dalamnya…tapi alhamdulillah..sukses juga…dan proses toping-pun dimulai..coz gak punya meses..topingnya aku pakai coklat blok yang dilelehkan dan sedikit taburan sprinkle…dan sebagian aku taburi pake gula donut…n’…voila…this is it…donut kentang ala tanti

2 responses to “DONUT KENTANG ala Tanti

Tinggalkan Balasan

