GETHUK SINGKONG ala Tanti – Jajan Tradisional

gethuk asale soko telo…..moto ngantuk iku tambane opo…”..hehehee…secuil bait lagu campur sari yang cukup terkenal…tapi aku gak ngebahas lagunya atopun jenis musik campur sarinya…tapi ngebahas  GETHUK-nya…jajanan tradisional berbahan dasar singkong (di jawa tengah dan sebagian jawa timur menyebutnya telo tapi ditempatku terkenal dengan sebutan pohong) yang diatasnya diberi taburan kelapa parut,terasa gak lekang dimakan waktu meskipun terkesan ndesani ditengah banyaknya kue-kue modern yang banyak dan mudah kita jumpai saat ini,.. tapi masih banyak lho yang nyari….apalagi mereka-mereka yang rindu kampung halaman….

Bikin gethuk ini gampang-gampang susah juga sich,tergantung pada kualitas singkong yang bakal diolah…kudu bener-bener yang mempur(bhs.jawa yang artinya empuk,halus teksturnya) bukan yang genyo(bhs.jawa artinya keras,mengandung banyak air sehingga waktu dikukus gak bisa mekar) dan berserat coz akan mempengaruhi proses penggilingan singkong setelah dikukus(pada beberapa orang singkong ditumbuk). Setelah singkong melalui proses penghalusan,baru dech dicampur margarine dan gula halus…kemudian diaduk lagi hingga tercampur rata….setelah itu baru diberi warna(sesuai selera juga sich…bisa diberi warna bisa juga tidak). Seperti biasa aku selalu bikin putih dan coklat..so,setelah gula,margarine tercampur rata dan manisnya sesuai dengan lidah,adonan aku bagi 2,satu bagian aku tambahin coklat bubuk dan coklat pasta ..dan satu bagian lainya aku biarkan berwarna putih…

Bentuk asli gethuk yang aku temuin saat waktu kecil itu seperti tumpukan mie yang memanjang…kalau kita beli baru penjualnya akan memotong “mie panjang” itu..tapi kadang juga gethuk sudah dalam keadaan dipotongi…tapi seiring perkembangan jaman dan para penjual gethuk memodifikasi tampilan dagangan mereka…digulung…dan kali ini akupun pake model gulung…tapi double mini roll gethukcolour..coklat putih aku tumpuk kemudian aku gulung…dan ..inilah hasilnya…..tapi gak pake kelapa parut coz aku gk suka…dan gampang basi sich…

Cantik bukan tampilan gethuk singkong buatanku….hehehee…tapi gak sekedar cantik lho..rasanya dijamin mak nyuuuuzzzz……!!!

Tinggalkan Balasan

