PANCAKE ala Tanti

pancake ala tantiMasih juga soal pertukaran budaya….kali ini aku posting apa yang aku dapat darti negeri Uncle Sam alias amerika serikat…..PANCAKE.meskipun nama ini udah gak asing ditelingaku dan tampaknya juga udah meng-indonesia tapi jujur aza aku gak pernah bikin dan makan kue ini sebelumnya…meskipun sering aku dengar teman yang tinggal di australia sana cerita dia bikin pancake buat sarapan coz males ribet ato teman yang amrik ini cerita kalo pancake buatan dia selalu dipuji teman-teman yang nginep dirumahnya gak tergelitik sedikitpun aku mencobanya….

Awal bikin pancake ini coz temen dumay amrikku ini opyak-opyak(bhs.jawa yang artinya maksa) aku yang gemar banget gak sarapan….kata dia wong bikin pancake gampang kenapa males…secara ada tepung instant yang tinggal nambahin air dan telur aza(tapi aku gk pernah tau ada gaknya di supermarket di kotaku coz emang aku gak pernah nyari di lorong tepung…hehehhe) klu gak mau bikin adonan sendiri…coz penasaran dengan “rayuan” dia dan kayaknya sepupu-sepupuku excited waktu denger aku pengen bikin pancake ya akhirnya aku browsing google cari resep pancake..ada banyak resep pancake yang aku temuin mpe bingung nentuin mana yang tak kerpek(hehehee…) akhirnya aku comot 2 resep dan aku combained sendiri…

Selesai browsing,aku masuk pawon(dapur.bhs jawa),aku liat semua bahan tersedia di lemari bahan dan rencana jalan terus….timbangin bahan….bikin adonan…lho…tp kok encer banget….gak salah nech aku baca resepnya….sempet bingung ….tapi show must go on..apalagi wis kadung b’koar bikin pancake buat menu sore temen minum teh…(nyalahin adat ya….?!hehehhee)..aku ambil wajan anti lengket,ikutin instruksi …sempet deg-degan juga mikir bisa jadi ato gak pancakenya…..dan….wow…aku bisa…!!!!lega dot com…sama kayak yang digambar….

Nah ini nich,sekarang mikir topingnya…apa ya…..?!dikasih madu takut gak cocok di lidah …eh,tiba-tiba mataku tertuju pada detros…gula tabur…aku tumpuk 3lembar pancake jadi satu trus atasnya ak taburin gula tabur…jadi dech…pancake keluaran pawone tanti…..Tapi ternyata “customerku”(sepupu-sepupuku) lebih suka tiap lembar ditaburin gula trus makanya digulung…gak ditumpuk gto…hahhaa….maklum gak biasa makan pake garpu dan pisau kayak bule….sing penting ok khan….paling gak budaya importnya menyatu dengan gaya lokal..makan pke tangan langsung (lembaran pancake ditaburi gula,digulung n’ masuk mulut…) gak pake banyak acara nyediain piring buat makannya…

Setelah percobaan pertama sukses,aku ngrasa kok kurang manis ya…so pada uji coba berikutnya aku tambahin gulanya…oh ya,klu adonan asli aku pakein essence vanila kali ini aku ganti pke bubuk cinamon dan aku tambahin gula palm…dan hasilnya enak banget…!!!bisa dimasukan dalam daftar menuku nech si pancake ini….next time aku mau coba tak tambahin irisan raisin n’ coklat chip kayak yang disaranin temenku….

 

Tinggalkan Balasan

