BOTHOK KUPANG ala Tanti

Bothok  makanan tradisional yang dibungkus daun pisang ini sangat bervariasi isinya,dari tempe,tahu,udang,kerang ,daging dan jeroan ayam(ati n’ ampela)..enak sekali dimakan dengan nasi hangat dan disandingkan dengan sayur bening bayam atopun sayur asem…hemmm…yummy…

Kali ini aku bikin variasi bothok berbahan dasar KUPANG biota laut yang kecil bentuknya sejenis tiram yang biasanya diolah menjadi makanan kupang lontong(makanan ini sangat terkenal sekali di pasuruan kotaku tercinta…) atopun krupuk kupang….aku pikir ada bothok kerang kenapa juga kupang gak bisa dibikin bothok meskipun bentuknya lebih kecil dari kerang..bothok kupang ala tanti

Ceritanya oomku pulang kantor bawa sekantong kecil kupang yang belom diolah(meskipun sebenernya udah diambil sarinya sich melalui proses perebusan),meskipun sekantong kecil tapi karena kupang bentuknya kecil-kecil jadi ya banyak banget untuk ukuran rumahan….sebenarnya kupang yang aku buat bothok ini sebagian dari sekantong itu coz yang separuhnya lagi udah aku buat ote-ote buat temen ngeteh disore hari…

Pada dasarnya bothok kupang sama aza bumbu dan cara mengolahnya,aku tambahin belimbing sayur biar gak eneg banget n’ daun kemangi buat ngurangi aroma amisnya..oh ya,daun pisang buat bungkusnya aku dapat dari tetangga….gratisan dot com…hehehee…

Ngomongin soal kelapanya nech,mungkin juga ini bisa jadi tips ya coz marut kelapa yang muda banget(melur bhs.jawa) sangat susah sekali bisa-bisa ikut keparut jarinya…kelapa sebaiknya dimasukin dalam kulkas dulu biar sedikit keras..sebenernya bisa juga sich pake kelapa yang gk muda banget tapi rasanya gak begitu manis(sepoh bhs.jawan)…oh ya aku dapetin cara ini secara gak sengaja,aku masukin semua bahan bikin botok kedalam kulkas coz ternyata hari itu aku jadi males sekali masak….n’ baru “tereksekusi” keesokan harinya…hehhehee

Dan hasilnya gak mengecewakan banget,kata tetanggaku sich enak(aku kirimin dia bothoku pengganti daun pisang yang aku dapet dari gratisan)…ato mungkin dia bilang enak biar aku gak kecewa ya dengan eksperimenku….gak taulah..yang penting masakanku abis….hehehheee

Tinggalkan Balasan

