PUTU BELANDA

putu belanda ala tanti

Kue lawas…cake yang diisi vla…,resepnya aku dapat dari almh.mami tercinta tapi udh aku modifikasi dengan mengurangi jumlah gula dalam resep coz terlalu manis menurutku,meskipun aku demen banget makan kue-kue manis lho…..

Sering aku mikir,kenapa ya kok dikasih nama Putu Belanda…apa karena kue ini modelnya mirip dengan jajanan tradisional jawa yang terbuat dari tepung beras,gula jawa dan parutan kelapa tapi kue ini berbahan telur,susu,terigu yang notabene merupakan makanan wong londo…?!(pada jaman penjajahan dahulu susu,telur,daging hanya bisa dinikmatin kaum penjajah…coz lama dijajah belanda jadi semua orang barat disebut wong londo oleh orang jawa…pun sampai sekarang istilah itu masih melekat dalam hidup keseharian)

Udah lama banget aku gak bikin kue ini,maklum cetakanya minjem tante…..hehehee..(.gak bondo yo….?!),tapi coz kangen banget rasa kue yang legitnya ehm…….ini,aku bela-belain beli cetakanya 2 lusin sekaligus…!!!

Tapi karena bentuk cetakan gk sama persis ma punya tanteku,aku sempet salah nyetak nech,over dosis…!!!yang kudunya 1 resep menghasilkan 20-24 biji(itu pke cetakan yang biasa aku pake lho) eh ini aku cuma dapat 12biji..!!!kebayang khan betapa gede-gede hasilnya…hehhehee…Trus lagi aku pengen nyoba kayak di majalah kuliner yang pernah aku baca cara nyetak cakenya biar hasil vla bisa tampil cantik tepat ditengah kue,wah ternyata susah banget belepotan adonan dech jari-jariku n’ akhirnya aku pake aza cara lama…maksudku caraku sendiri….aku sendokin adonanya trus vla aku masukin pke spuit..jadi dech…n’ hasilnya juga kayak yang pernah aku coba..jadi 22 biji/resep…

Jujur aza meskipun aku udah lama banget gak bikin kue ini,aku bonek aza waktu tetangga sebelah rumah ikutan nimbrung minta dibikinin coz dia ternyata demen juga ma putu belanda ini….meskipun rada deg-degan juga coz takut gagal apalagi udah ngalami kecelakaan di etape pertama akhirnya….alhamdulillah….sukses sodara-sodara….!!!lega dot com

Tinggalkan komentar