MY STEAMED CAKE – ROTI KUKUS ala Tanti

So happy………,akhirnya bisa juga bikin Roti Kukus yang bisa mekar..(aku mengistilahkan ketawa..).Kudapan sederhana yang katanya semua orang bisa bikin,meskipun mereka gak punya keahlian khusus dibidang masak memasak,bikin kue khususnya…malah ada yang bilang saking gampang dan sederhananya kue ini bikinyapun gak perlu pake acara liat resep segala…diluar kepala dech pokoknya…..Tapi buatku,Roti Kukus ini sering bikin aku patah hati saking seringnya gagal mencoba  meskipun berkali-kali aku praktek dengan berbagai resep yang berbeda pula….*manyun mode.com*

Suatu hari aku mendapat “pencerahan” ketika seorang teman yang posted di facebook foto Roti Kukus yang berhasil dibuatnya…padahal dia adalah seorang chef….!!wow….mengejutkan sekali….seorang chef yang biasa bikin kue dan roti dengan tingkat kesulitan tinggi “kesandung” juga dengan Roti Kukus….dan ternyata setelah aku baca dari komentar-komentar yang masuk,dia bukanya satu-satunya chef yang “kesandung” dengan resep ini……..ada guyonan yang mengatakan mereka masih dibawah kutukan Roti Kukus…!!hahhaaa…..so,yang sukses bikin Roti Kukus berarti sudah bebas kutukan……ada-ada aza……heheeee

“kenapa juga aku harus malu kalo aku juga gak bisa bikin Roti Kukus”,begitu kataku dalam hati….aku khan gak “menderita” seorang diri kena “kutukan” itu di jagad ini….suatu siang aku pergi ke toko bahan kue,keperluan bikin Roti Kukus aku beli termasuk juga cetakanya….meskipun aku sendiri gak tau kapan aku bakal mencoba kembali…

Suatu hari….di minggu siang…begitu bangun tidur….seperti mendapat energi n’ semangat buat mencoba bikin Roti Kukus lagi….dengan semangat juang ’45(hehheee..) n’ sedikit rasa takut gagal juga..aku nekad masukan semua bahan-bahan yang ada diresep dalam satu wadah dan kemudian aku mixer jadi satu….kompor aku nyalakan….dandang aku siapkan….oh ya,adonan yang sudah jadi aku bagi 2 bagian,aku tambahin pasta mocca n’ pasta pandan …

Waktunya mengukus…..!!!dengan sedikit grogi n’ deg-degan…aku masukan cetakan yang sudah berisi adonan kedalam dandang….15menit sudah berlalu…..saatnya melihat hasil karyaku….n’…..wow MEKAR alias KETAWA …!!thanks GOD…..dan sampai adonanan terakhir  menghasilkan Roti Kukus yang bisa ketawa dan kering didalamnya…(kadang aku menemukan Roti Kukus yang mekar tapi masih basah dibagian dalamnya)…….lega…..bahagia banget rasanya…..akhirnya aku bebas juga dari kutukan……..

 

Image

My English version…..

 

so happy…..finally i can make it….a “laughing” steamed cake…..:)
this cake is a standard cake which even people with no basic cooking skills can make. Some say that they make this cake without using the recipe, but for me making this cake was so difficult.  I failed for years trying to make this cake with various recipes.
 
But one day my mind brightened up when i read one of my friend posted her successful steamed cake on FB…. she is a chef…!!!wow….what a surprise for me…a chef that can make many various difficult cakes had trouble with such a “common cake”….n’ she is not the only chef…!!her friends, chefs also, can’t make this cake “laughing” either…they say that they get cursed with this recipe….so, for the one who is able to make this steamed cake successfully it means the curse has gone away……hehheee
 
I said to myself, i shouldn’t be ashamed coz i am not the only person in this universe who can’t make this steamed cake…..one day when i went out, i bought what i need to make this steamed cake, including the steamed cake mold….but had no idea when i would make it…
one sunday afternoon, after napping, i got the spirit to try  n’ make the steamed cake again…..with a full spirit of struggle…(hehhee…) also a little bit worried…i mixed all the ingredients….preparing the stove…the pot to steam….i divided the dough into two parts….i put mocca n’ pandanus paste in it….
 
the steam time began….a little nervous, i put the cake mold with the dough in it into the pot…..15 minutes passed……time to open the pot……n’……wow…I CAN MAKE IT LAUGH…….!!!!thanks GOD……n’ they all laugh steamed cake….n’ dry in it…(some times i found not quite soft inside)…..so happy…..finally “the curse” was gone from my life……
 
(special thank for Dan who helped me with some correction….)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s